Berita Anggota Parlemen

Partisipasi DPR Dalam Konferensi Parlemen Muda Dunia Sangat Penting

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dave Akbarshah Fikarno menyatakan bahwa partisipasi DPR RI di acara The Fifth IPU Global Conference of Young Parliamentarians sangat penting dan strategis guna berbagi pengetahuan dan pengalaman Indonesia dalam menjawab tantangan generasi masa depan future generations.

BKSAP DPR RI mengirimkan delegasi untuk mengikuti Konferensi Global Para Anggota Parlemen Muda IPU atau IPU Global Conference of Young Parliamentarians yang dihelat pada 14-15 Desember 2018 di Baku, Azerbaijan.

Dalam rilis yang diterima Parlementaria Jumat (21/12/2018), lebih lanjut Dave menambahkan, DPR RI berpartisipasi aktif dalam konferensi tersebut guna mencari solusi terutama pada bagaimana kebijakan yang diambil hari ini akan berdampak pada generasi masa depan dan bagaimana Indonesia dapat secara konkret mengintegrasikan generasi masa depan ke dalam pengambilan keputusan publik.

Anggota Delegasi DPR RI Putu Supadma Rudana menyampaikan bahwa intervensi mengenai usaha perlindungan terhadap alam yang dilakukan masyarakat Bali.

Ia merasa terhormat dapat berbagi local wisdom di Bali terkait dengan upaya perlindungan terhadap alam secara berkelanjutan. 

Putu menyampaikan bahwa masyarakat Bali mempunyai filosofi Tri Hita Karana yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan, alam, dan sesama manusia.

Filosofi diajarkan secara turun-temurun sepanjang generasi sehingga menjadi kebudayaan yang terinternalisasi menjadi suatu sikap hidup, kemudian, tujuan filosofi ini adalah untuk keselarasan hidup manusia di tengah alam semesta.

“Salah satu manifestasi Tri Hita Karana adalah Subak. Subak adalah sistem pengairan irigasi yang dikerjakan secara kekerabatan oleh masyarakat Bali dengan tujuan keberlangsungan alam semesta. Filosofi ini juga bertujuan untuk menjaga dan merawat generasi masa depan untuk terus membangun harmoni Tuhan-alam-manusia,” tutur Putu dalam pidatonya di hadapan delegasi IPU.

Delegasi BKSAP DPR RI dipimpin Wakil Ketua BKSAP DPR RI Dave Akbarshah Fikarno (Fraksi Partai Golkar/Komisi I), diikuti Anggota BKSAP DPR RI Irine Yusiana Roba Putri (Fraksi Partai PDI Perjuangan/ Komisi X), Putu Supadma Rudana (Fraksi Partai Demokrat/ Komisi X) dan Kartika Yudhisti (Fraksi PPP/ Komisi I). 

Diposting 28-12-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Kartika Yudhisti

Anggota DPR-RI 2014
Banten II

Irine Yusiana Roba Putri

Anggota DPR-RI 2014
Maluku Utara

Putu Supadma Rudana

Anggota DPR-RI 2014
Bali

Dave Akbarshah Fikarno Laksono

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat VIII