Berita Anggota Parlemen

Usulan Presiden Dinilai Ikuti Matra Pergantian Panglima TNI

sumber berita , 04-12-2017

Anggota Komisi I DPR RI Sjarifuddin Hasan menilai pemilihan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon pengganti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo oleh Presiden Joko Widodo telah mengikuti rotasi matra dalam pergantian Panglima TNI. Ia menilai, Hadi Tjahjanto sudah teruji sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Sjarif memastikan, kendati pihaknya mendukung usulan Presiden, namun melalui uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang akan dilakukan oleh Komisi I DPR, ia akan menggali visi dan misi Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI. Uji itu akan dilaksanakan setelah surat usulan Presiden dibacakan di Paripurna DPR.

“Komitmen pertama calon Panglima TNI adalah dalam menghadapi pilkada 2018 dan pemilu 2019. Ini suatu tugas dan tanggung jawab yang cukup besar bagi Panglima TNI yang akan datang,” kata politisi F-PD itu di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Asril Hamzah Tanjung menilai pekerjaan rumah Hadi Tjahjanto jika terpilih sebagai Panglima TNI nantinya sangat berat. Sebab, TNI di bawah komando Hadi Tjahjanto nantinya harus bisa ikut membantu pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilu serentak 2019 mendatang.

“Ini tahun politik. Tahun 2018 dan 2019 ini sangat berat. Jadi panglima TNI harus bisa ikut membantu pengamanan Pilkada serentak maupun Pilpres. Pengamanan Pilkada serentak maupun Pemilu serentak 2019 mendatang tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada Kepolisian,” tandas politisi F-Gerindra itu.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah menyerahkan nama Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo kepada Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Senin (4/12/2017). Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. 

Diposting 05-12-2017.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Sjarifuddin Hasan

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat III

Asril Hamzah Tanjung

Anggota DPR-RI 2014
DKI Jakarta I

Fadli Zon

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat V