Berita Anggota Parlemen

Komisi VIII Dorong Penambahan Anggaran Panti Sosial di Banjarbaru

sumber berita , 04-05-2017

Komisi VIII DPR RI mendorong tambahan alokasi anggaran Panti Sosial Bina Laras “Budi Luhur” di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Panti asuhan ini merehabilitasi penyandang cacat mental eks psikotik.

Dalam lawatannya ke panti itu, rombongan Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII yang dipimpin Noor Achmad melihat dari dekat kondisi panti dan para penghuninya. Panti yang berdiri di atas lahan 3,5 hektar ini, dihuni oleh 70 pasien. “Harusnya dengan panti seluas ini mampu menampung lebih dari 100 pasien. Ini hanya dihuni oleh 70 pasien, karena kekurangan dana,” tutur Noor, Selasa (3/5).

Ketua panti tersebut menuturkan, lemahnya pengawasan terhadap pasien yang sudah sembuh. Mereka yang dinyatakan sembuh, kerap kambuh lagi, karena salah memberi obat saat berada di lingkungan tempat tinggalnya. Ini jadi perhatian serius Komisi VIII.

Di sisi lain, Komisi VIII juga mengapresiasi para pengurus panti tersebut yang mampu memberdayakan para pasien untuk hidup mandiri. Mereka diajarkan membuat kerajinan berupa tasbih dan gelang. Sebagian diajarkan pula membuat batako, membudidayakan lele, mengolah makanan ringan, dan keterampilan memotong rambut.

“Kita harapkan para pasien setelah sembuh dan kembali ke masyarakat mampu bekerja dan bermanfaat di masyarakat dengan apa yang sudah didapatkan di panti,” tutur Anggota Komisi VIII dari PKB Bisri Romli. Ia berharap kepada pengurus panti agar terus memberdayakan para pasiennya dengan ilmu keterampilan. Hasil karya para pasien juga harus dibantu dipasarkan ke publik, sehingga ada keuntungan yang diraih.

Turut serta dalam kunjungan kerja ke Kalsel ini John Kenedy Aziz, Endang Maria Astuti, Bisri Romli, Surahman Hidayat, Achmad Fauzan, Alfia Reziani, Anda, dan Dwi Astuti A.

Diposting 10-05-2017.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Dwi Astuti Wulandari

Anggota DPR-RI 2014
DKI Jakarta I

Anda

Anggota DPR-RI 2014
Banten I

Alfia Reziani

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah V

Bisri Romly

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah X

Achmad Fauzan Harun

Anggota DPR-RI 2014
DKI Jakarta I