Berita Anggota Parlemen

Pemerintah Pusat-Daerah Harus Sinergi Antisipasi Bencana Sumbar

sumber berita , 30-03-2017

Anggota Komisi VIII DPR RI Asli Chaidir mengharapkan sinergi yang baik antara pemerintahan pusat dan daerah dalam menangani bencana di Sumatera Barat. Sinergi itu penting dikarenakan Sumatera Barat merupakan salah satu daerah rawan bencana yang kerap kali bencana melanda menyebakan kerugian materil dan non materil yang cukup besar.

“Kita pertanyakan apa saja yang diharapkan untuk penanggulangan bencana di Sumbar. Karena Sumbar ini rawan bencana, kita berharap pemerintah provinsi dan pusat saling sinergi,” ujar Asli Chaidir kepada Parlementaria usai Komisi VIII melakukan kunjungan kerja spesifik ke UPT Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Regional Sumatera Barat, Rabu, (29/032017).

Sinergi itu perlu disegerakan untuk mengantisipasi, rehabilitasi dan rekonsoliasi dapat dilakukan supaya bencana yang terjadi dapat pulih kembali. “Hal itu untuk antisipasi dan melaksanakan bagaimana rehabilitasi dan rekonsiliasi dapat disegerakan supaya bencana yang telah terjadi segera ditangani dan pulih kembali,” sambung Chaidir.

Menurut anggota Dewan yang merupakan putera asli Sumatera Barat ini, kinerja BNPB dan BPBD dalam menangani bencana di Sumatera Barat sudah cukup baik namun perlu untuk ditingkatkan,  “Kita anggap sudah baik, tapi perlu pembenahan yang segera dilaksanakan supaya tidak berlangsung bencana seperti itu lagi. Kita harus cari penyebab bencana itu. Kalau banjir maka mungkin kali perlu di normalisasi atau bagaimana supaya bencana serupa tidak terulang,” jelas legislator fraksi PAN ini.

Sumatera Barat kerap kali dan menjadi daerah langganan bencana, sehingga menjadi tugas berat bagi BNPB dan BPBD dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk itu diperlukan sinergi yang baik antara pusat daerah agar penanggulangan bencana di Sumatera Barat tidak hanya ditangani oleh pemerintah daerah saja. Oleh karena itu Komisi VIII menyatakan kesiapannya untuk saling sinergi dengan penanganan bencana di Sumatera Barat. 

Turut serta dalam kunjungan ini yakni Agus Susanto, dan Jalaludin Rakhmat (F-PDIP), John Kenedy Azis (F-Golkar), Anda (F-Gerindra), Linda Megawati (F-Demokrat), Desy Ratnasari (F-PAN), Muslich (F-PPP). Selain itu turut serta mendampingi Direktur Bantuan Darurat BNPB Eko Budiman dan Sekretaris BPBD Sumatera Barat Eliyusman.

Diposting 30-03-2017.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Muslich ZA

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Tengah VI

Desy Ratnasari

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat IV

Anda

Anggota DPR-RI 2014
Banten I

Linda Megawati

Anggota DPR-RI 2014
Jawa Barat IX

John Kenedy Azis

Anggota DPR-RI 2014
Sumatera Barat II