Berita Anggota Parlemen

RUSMAN EMBA JADI KETUA DPRD SULTRA

sumber berita , 22-07-2010

Gagal bersaing menjadi Bupati Muna periode 2010-2015, tidak berarti karier politik LM Rusman Emba tamat. Anggota DPRD Sultra itu kini malah mendapat tugas baru yang tak kalah beratnya yakni menjadi Ketua DPRD Sultra, menggantikan Sutan Harahap yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Kader Golkar itu terpilih secara aklamasi dalam rapat pleno pemilihan Ketua DPRD Sultra di DPD Golkar Sultra, semalam.

Terpilihnya Rusman Emba menjadi Ketua DPRD Sultra tidak terlepas dari mundurnya tujuh anggota dewan asal Golkar yang lain dari bursa pencalonan. Di awal, nama Amiruddin Nurdin, La Nika, La Ode Diki dan Muddin Musa sempat diusulkan puluhan pengurus Golkar Sultra yang hadir dalam rapat tersebut, namun saat dimintai konfirmasinya, satu persatu menyatakan mengundurkan diri.
    
Suasana sempat tegang tatkala Muddin Musa, pesaing Sutan Harahap dalam pemilihan setahun lalu menyatakan keberatannya dengan model pemilihan seperti yang dilakukan semalam. Alasannya, setahun lalu hanya ada tiga calon yang layak, apalagi ia merasa sebagai satu-satunya kader yang paling berpengalaman di DPRD Sultra dan sudah menduduki beberapa jabatan di internal dewan seperti Ketua Komisi dan juga Ketua Fraksi.
    
“Saya melihat ada inkonsistensi aturan yang kita terapkan disini. Seandainya kita berpedoman pada Juknis yang ada sebelumnya, maka nuansanya tidak akan seperti ini. Lagi pula, ini terasa kurang sakral karena tidak dipimpin langsung Ketua Golkar. Melihat kondisi, maka saya memilih untuk tidak jadi calon,” kata Muddin Musa.
    
Rapat yang dipimpin Sekretaris Golkar, La Ode Palaido itu sempat diwarnai beberapa interpusi karena ada yang menyatakan bahwa yang layak untuk maju hanya dua orang, yakni Muddin Musa dan La Ode Diki dan ada pula yang menyatakan semua berhak untuk maju karena sekarang sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan yakni menjadi pengurus DPD Golkar Sultra dan punya pengalaman menjadi anggota DPRD.
    
Setelah melalui perdebatan panjang, forum akhirnya menyetujui rapat dilanjutkan dengan pemilihan dan semua anggota DPRD Sultra berhak untuk dicalonkan. Hanya saja, karena tersisa Rusman Emba yang bersedia menjadi calon, maka secara aklamasi, forum memutuskan bahwa Golkar Sultra akan mengajukan Rusman Emba menjadi Ketua DPRD, menggantikan Sutan Harahap.
    
Usai terpilih, Rusman menyampaikan terima kasihnya atas amanah yang diberikan kader-kader Golkar kepadanya. Ia pun menyatakan komitmennya untuk berbuat lebih baik dan lebih keras untuk memajukan Partai Golkar, setelah ia mendapat amanah tersebut. “Kepada teman-teman anggota DPRD Sultra yang lain, saya mengharapkan dukungannya karena tanpa teman-teman, tugas ini akan terasa lebih berat,” katanya.(abi/ong)

Diposting 04-11-2010.

Mereka dalam berita ini...

Muddin Musa

DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara 2009 Sulawesi Tenggara 1
Partai: Golkar

La Ode Diki

DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara 2009 Sulawesi Tenggara 4
Partai: Golkar

La Nika

DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara 2009 Sulawesi Tenggara 5
Partai: Golkar

Amiruddin Nurdin

DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara 2009 Sulawesi Tenggara 1
Partai: Golkar

L.M. Rusman Emba

DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara 2009 Sulawesi Tenggara 5
Partai: Golkar