Berita Anggota Parlemen

Disesalkan, Komentar Dewan Energi Nasional tentang PLTN

sumber berita , 17-05-2012

Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan Indonesia tidak mungkin membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Keluarnya pernyataan ini disesalkan anggota Komisi VII DPR Mardani Ali Sera.
Menurut dia,DEN sebagai think tank pemerintah seharusnya berpikir tentang kedaulatan dan kemandirian energi masa depan untuk bangsa ini. Ketika sumber energi dari migas makin mengecil, batubara lebih banyak diekspor ke luar negeri serta energi alternatif belum berkembang, maka APBN akan terus digerogoti untuk subsidi energi.

"Kalau begitu, maka akan diarahkan ke mana pembangunan bangsa ini?" kata Mardani menanggapi pernyataan seorang anggota DEN pada Selasa (15/5) di Surabaya bahwa Indonesia tak mungkin punya PLTN karena alasan keamanan.

Ia mempertanyakan kenapa DEN tak bicara tentang solusi riil untuk mengatasi persoalan energi sekarang ini. Menurut Mardani, pernyataan DEN justru menutup kemungkinan alternatif peralihan energi. Padahal dalam pengembangan energi apa pun selalu muncul risiko. Tapi teknologi yang semakin berkembang juga dapat meminimalkan risiko.

"Jika pejabat negara di bidang energi selalu mengeluarkan pernyataan kebijakan energi yang benar-benar membingungkan masyarakat, sebaiknya dia mundur sajalah. Atau perlu dimundurkan?" kata anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Barat VII ini.

Diposting 18-05-2012.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Mardani Ali Sera

DPR-RI 2009 Jawa Barat VII
Partai: PKS