Siapa Caleg 2024 untuk DPR-RI/ DPD-RI/ DPRD Prov. dan DPRD Kab./Kota-mu? Cek di sini...

Berita Anggota Parlemen

Antisipasi Modus Penipuan QRIS Palsu, Bukhori Dorong Kemenag Terbitkan Maklumat

Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf mengapresiasi kinerja polisi yang berhasil mengamankan pelaku penempelan QRIS palsu pada kotak amal di beberap masjid di kawasan Jakarta Selatan hingga Masjid Istiqlal. Menurutnya, tindak  kejahatan tersebut jelas meresahkan warga selama bulan Ramadan.

“Khususnya umat Islam yang pasti merasa dirugikan dengan adanya modus penipuan baru tersebut di tengah tingginya geliat amal di bulan yang baik ini,” kata Bukhori melalui rilis yang diterima Parlementaria di Jakarta, Selasa (11/4/2023) 

Anggota DPR Fraksi PKS ini mendorong Kementerian Agama untuk proaktif dan meningkatkan koordinasi dengan kepolisian dalam melakukan upaya pengamanan sedekah masyarakat. “Kami mendorong Kemenag, utamanya Dirjen Bimas Islam untuk proaktif bekerja sama dengan Polri melakukan upaya pengamanan sedekah masyarakat agar tepat sasaran dan mengantisipasi modus penipuan serupa sehingga dana sosial yang semestinya diperuntukan untuk tujuan sosial-keagamaan tidak disalahgunakan,” jelasnya.

Untuk itu, Bukhori menambahkan bahwa langkah terdekat yang bisa dilakukan Kementerian Agama adalah menerbitkan maklumat kepada masyarakat. “Yang paling konkrit untuk bisa dilakukan sekarang adalah dengan mengeluarkan maklumat kepada masyarakat agar lebih berhati-hati memanfaatkan QRIS untuk sedekah. Sementara para pengurus masjid dan lembaga-lembaga lain penerima Ziswaf juga perlu meningkatkan kewaspadaan,” pungkasnya.

Diposting 12-04-2023.

Dia dalam berita ini...

Bukhori

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 1