Berita Anggota Parlemen

DPRD DKI Nilai Irjen Pol Fadil Imran Mumpuni Gantikan Anies Baswedan Jadi PJ Gubernur Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dinilai mumpuni menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya akan habis pada Oktober mendatang.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Anggota DPRD DKI dari Fraksi Gerindra, Muhammad Taufik. Taufik menilai Fadil memenuhi persyaratan untuk bisa dipertimbangkan menjadi PJ Gubernur DKI Jakarta.

Pasalnya menurut Taufik, Fadil sering berkomunikasi dengan seluruh pejabat di Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, Fadil juga sering berkomunikasi dengan pejabat legislatif.

Sehingga Fadil dipandang menjadi salah seorang yang mumpuni menjadi PJ Gubernur DKI Jakarta.

"Kapolda DKI Jakarta, Pak Fadil itu juga memenuhi persyaratan untuk dipertimbangkan menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Kenapa, karena Pak Kapolda itu sering berkomunikasi dengan seluruh pejabat Pemprov DKI Jakarta."

"Kedua dia juga sering berkomunikasi dengan legislatif, sehingga dalam pandangan kami Pak Fadil salah satunya mumpuni lah untuk dipertimbangkan menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta," kata Taufik dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Jumat (20/5/2022).

Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan dukungannya kepada siapapun yang nantinya dipilih Mendagri dan Presiden untuk menjadi PJ Gubernur DKI.

Riza pun menyebut jika calon-calon yang ada ini tidak hanya memenuhi persyaratan administratif saja. Namun juga memiliki kemampuan dan pengalaman yang baik untuk ke depannya.

"Kewenangan daripada Kementerian Dalam Negeri dan juga arahan dan petunjuk dari Bapak Presiden, itu kewenangan daripada pemerintah pusat kami di Pemprov. Patuh dan taat akan aturan undang-undang yang ada."

"Kami dukung siapapun nanti yang dipilih oleh Pak Menteri, Pak Presiden, yang terbaik. Calon-calon yang ada adalah orang-orang yang tentu tidak hanya memenuhi syarat administratif, tapi memiliki kemampuan dan pengalaman yang baik untuk ke depan," ungkap Riza.

Ini 3 Nama yang Disebut Jadi Calon Pj Gubernur DKI Jakarta

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, akan mengajukan tiga nama sebagai kandidat Pj Gubernur DKI Jakarta sebelum masa jabatan Anies berakhir.

Namun, saat ini muncul nama-nama yang disebut dapat kandididat Pj gubernur DKI Jakarta.

Tiga nama tersebut, yakni Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro.

Meski demikian, hingga kini belum terdapat keterangan resmi dari pemerintah terkait siapa kandidat pengganti Anies Baswedan.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani, mengatakan tiga nama penjabat gubernur yang beredar, potensial menjadi calon pengganti Anies Baswedan.

Ketiga nama ini dinilai memiliki kinerja yang bagus karena punya banyak pengalaman dalam memimpin.

“Kalau melihat dari tiga nama yang diusulkan, semuanya bagus. Pak Heru Budi bagus, pernah jadi Eksekutif Ibu Kota, tentu paham dengan Psikologis Jakarta. Pak Marullah bagus, Sekda kita saat ini. Begitupun dengan Pak Juri Ardiantoro, bagus, banyak pengalaman dalam memimpin.” Tulis Zita lewat keterangan tertulisnya, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV, Minggu (15/5/2022).

Zita mengungkapkan, terpenting Pj Gubernur pengganti Anies paham seluk-beluk Jakarta dan mampu melanjutkan program-program Pemprov.

“Siapapun yang akan jadi Pj Gubernur, semoga bisa merealisasikan rencana pembangunan yang belum terealisasi, dan melanjutkan apa yang sudah berjalan. Salah satunya, Formula E,” lanjutnya.

 

 

 

Diposting 20-05-2022.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Zita Anjani

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2019-2024

Moh. Taufik

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2019-2024