Berita Anggota Parlemen

Keran Ekspor CPO Kembali Dibuka, Legislator Apresiasi Langkah Pemerintah

sumber berita , 18-05-2022

KEBIJAKAN pemerintah membuka kembali keran ekspor produk minyak sawit termasuk minyak goreng dan CPO, dinilai sebagai langkah peduli pemerintah terhadap 17 juta petani sawit.

"Saya melihat presiden peduli terhadap 17 juta pertani sawit dan dia merasakan petani menderita dengan larangan ekspor ini yang kemudian mengambil kebijakan ini walau pun belum maksimal," kata Andre Rosiade, Anggota Komisi VI DPR RI dalam keterangannya, Kamis (19/5). 

Harga minyak curah rata-rata sudah turun namun masih berada di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp14 ribu. Sehingga pemerintah harus lebih tegas untuk mencapai target tersebut.  

"Kami dukung keputusan itu tapi pemerintah serius untuk mencapai HET Rp14 ribu. Lalu apa langkah pemerintah, Kemendag agar itu terwujud dan masyarakat betul-betul bisa menikmati harga minta goreng curah," tegasnya.  

Sementara itu menurut anggota Komisi VI DPR lainnya, Achmad Baidowi, pemerintah harus memastikan ketersediaan bahan bakar minyak goreng aman sehingga tidak terjadi kelangkaan baham baku di kemudian hari.  

"Memang serba dilematis ketika larangan ekspor sawit maka harga sawit anjlok di lapangan. Setidaknya keinginan pemerintah untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri sebetulnya sudah banyak sehingga tidak ada cerita bahwa nanti kelangkaan bahan baku. Ini yang saya pikir harus menjadi perhatian semua pihak," tukasnya.

Diposting 20-05-2022.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Andre Rosiade

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Barat 1

Ach. Baidowi

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 11