Berita Anggota Parlemen

Pentingnya Keberadaan Database Peserta Jamkestama di RS

Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Indah Kurnia menekankan pentingnya keberadaan database pasien di rumah sakit provider khususnya data Anggota DPR RI dan keluarga yang merupakan peserta jaminan kesehatan utama (Jamkestama) VVIP. Menurutnya, keberadaan database akan lebih memudahkan pihak rumah sakit dan juga pasien jika sewaktu waktu kondisi darurat, pasien tidak membawa kartu atau minimnya identitas yang dimiliki peserta. 

“Database dari pasien itu sangat penting, solusi apabila masyarakat sakit menjadi panik, kartunya ketinggalan dan lain sebagainya, pihak rumah sakit dapat tetap melayani dengan hanya menyebutkan nama dan tanggal lahir dari database agar pasien segera mendapatkan pertolongan pertama,” tutur Indah di sela-sela pertemuan Tim Kunjungan Kerja BURT DPR RI dengan manajemen RS Advent di Bandung, Jawa Barat, Senin (4/4/2022).

Tak hanya itu, menurut Politisi fraksi PDIP tersebut, selain cermat hal teknis dan maksimal dalam fasilitas, juga harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai baik itu dari segi sikap maupun kemampuannya dalam menangani pasien. Menurutnya hal ini secara tidak langsung dapat memberikan energi positif secara psikis untuk pasien peserta Jamkestama yang datang berobat. 

“Orang sakit itu, yang sakit bukan hanya fisik tapi lebih psikis, jadi mungkin (yang) lebih penting selain ruangan dan fasilitas serta dokter yang memadai semuanya bagus tentu juga pegawai yang berada di paling depan yang sejak awal menerima pasien,” tutupnya. 

Diposting 05-04-2022.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Indah Kurniawati

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 1