Berita Anggota Parlemen

Di Markas PBB, Hafisz Tohir Sampaikan Pancasila Mampu Satukan Masyarakat

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengatakan, Pancasila terbukti mampu menyatukan beragam etnis dan kultur masyarakat di Indonesia. Inti ajaran Pancasila adalah berkeadilan sosial dan saling menghormati perbedaan. Ideologi ini bisa digunakan pula untuk menyatukan bangsa-bangsa di dunia.

“Keadilan sosial dan menghormati perbedaan telah menjadi inti dari ideologi nasional Indonesia, Pancasila, yang mencerminkan bagaimana cara berinteraksi dengan sesame,” kata Hafisz pada Sidang Inter Parliamentary Union (IPU), di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), New York, Amerika Serikat, Jumat (18/2/2022).

Pancasila, lanjut Hafisz, juga memperkenalkan konsep kebangsaan di Indonesia. Ada lebih dari 1.300 etnis yang diakui dengan bahasa dan kebudayaannya sendiri. "Inilah persatuan tanpa keseragaman dan perbedaan tanpa perpecahan," tandas politisi PAN itu lagi. Pancasila, sekali lagi, mampu menyatukan masyarakat yang berbeda dengan berdasar pada prinsip-prinsip, manusia sebagai pribadi, makhluk sosial, makhluk fisik, dan spiritual.

Hafisz menambahkan, dalam konteks kerja sama internasional, Pancasila juga bisa jadi ideologi bersama untuk menyatukan masyarakat dunia dengan menjunjung tinggi prinsip kemanusiaan dan keadilan sosial. "Kami berharap dapat mewujudkan semangat kerja sama ini pada level internasional. Dan semua upaya multilateral yang kami lakukan dalam proses perbaikan adalah untuk membangun dunia yang lebih tangguh," pandang legislator dapil Sumatera Selatan I ini. 

Diposting 22-02-2022.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Achmad Hafisz Tohir

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Selatan 1