Berita Anggota Parlemen

Sebagai Tuan Rumah Sidang IPU ke-144, DPR Akan Upayakan yang Terbaik

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyampaikan DPR RI akan menjadi tuan rumah pada sidang IPU ke-144 yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-24 Maret di Nusa Dua, Bali. Dia mengungkapkan, Sebagai tuan rumah, maka DPR RI akan melakukan upaya terbaik dalam menyelenggarakan IPU 2022 dengan sukses, baik sukses penyelenggaraan maupun sukses dalam ikut mempercepat pemulihan global.

"DPR RI, melalui tugas diplomasi ini, akan menujukkan kepada dunia, bahwa Indonesia siap membangun dunia yang lebih baik, membangun tata sosial, ekonomi, politik yang humanis dan berkeadilan sosial," papar Puan saat membacakan pidato Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022 DPR RI, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (11/1/2022).

P20 yang merupakan forum parlemen negara-negara G20 diselenggarakan dalam satu rangkaian KTT G20 yang digelar Pemerintah. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Presiden Joko Widodo telah menerima tongkat estafet Presidensi G20 dari Italia pada Oktober tahun 2021.

Puan menambahkan, dalam Forum P20, Indonesia akan mengusung tema “Peran Parlemen dalam Mendorong Pertumbuhan yang Lebih Tinggi dan Masyarakat yang Sehat”, dengan agenda utama adalah membahas pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, kesehatan, pemberdayaan manusia dan peningkatan kapasitas.

Menurut politisi PDI-Perjuangan itu, Sidang Umum IPU di Bali akan bernilai sangat strategis. Pertama, sidang umum IPU akan  memberikan optimisme dari parlemen berbagai negara kepada masyarakat internasional untuk bangkit dari suasana pandemi. Kedua, mempercepat distribusi vaksin dan pemulihan ekonomi.

Ketiga, pertemuan Sidang Umum IPU 2022 dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kerjasama antarparlemen untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengatasi Pandemi Covid -19. Tak hanya itu agenda diplomasi strategis lainnya adalah DPR RI juga akan menjadi tuan rumah Parlemen dari Negara G20.

Diposting 13-01-2022.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Puan Maharani

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 5