Berita Anggota Parlemen

DPR Dorong Kolaborasi Tingkat ASEAN Tangani Dampak Perubahan Iklim

sumber berita , 25-08-2021

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Arkanata Akram menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi regional di Asia Tenggara dalam penanganan dampak perubahan iklim. Mengingat, perubahan iklim merupakan isu yang sangat riil dialami oleh negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

“Kerja sama antar negara-negara ASEAN sangat diperlukan seperti pertukaran informasi terkait perubahan iklim," ungkap Arkanata dalam Sidang Komisi Sosial dalam rangkaian Sidang Umum AIPA ke-42 yang diselenggarakan secara virtual dari Brunei Darussalam, Selasa (24/8/2021).

Di tengah upaya pemulihan menghadapi pandemi Covid-19, Anggota Komisi VII DPR RI tersebut mendorong penguatan kemitraan regional dalam menghadapi perubahan iklim serta mengajak seluruh negara mempercepat  transisi menuju energi baru terbarukan yang lebih ramah lingkungan. 

Lebih lanjut, Arkanata juga mendorong penerapan teknologi dan sinkronisasi kebijakan pada sektor-sektor lain yang terdampak perubahan iklim. “Teknologi diperlukan juga di sektor lain karena perubahan iklim ini tidak juga berefek pada sektor bisnis dan industri terutama pertanian, perkebunan dan sektor lain yang berhubungan langsung dengan masyarakat," tambahnya.

Sebelumnya, Indonesia mempromosikan tiga draf resolusi, masing masing tentang digitalisasi dalam penanganan dampak perubahan iklim, lokalisasi Sustainable Development Goals (SDGs) dan penerapan teknologi dalam Pemilu melalui penerapan sistem e-voting. 

Namun, politisi muda dari Fraksi Partai NasDem itu menyayangkan ditundanya pembahasan draf resolusi tentang pelaksanaan demokrasi melalui penerapan e-voting di negara-negara ASEAN. Padahal, hal ini sangat penting bagi peningkatan transparansi dan kemudahan bagi partisipasi masyarakat dalam Pemilu.

“Saya kira ini tidak ada aspek politiknya sama sekali karena prinsipnya penerapan teknologi dalam pemilu hanya sebuah cara dan tidak ada pengaruhnya terhadap konstelasi politik di dalam negeri," imbuh legislator dapil Kalimantan Utara itu.

Diposting 26-08-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Arkanata Akram

Anggota DPR-RI 2019-2024
Kalimantan Utara