Berita Anggota Parlemen

HNW Apresiasi Pemprov DKI Jakarta Tidak Tergesa-gesa Ambil Keputusan Soal PTM

Wakil Ketua MPR selaku politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid atau yang akrab disapa HNW memberikan apresiasinya kepada Pemprov DKI Jakarta yang tidak tergesa-gesa mengambil keputusan terkait sekolah tatap muka atau belajar tatap muka (PTM) terbatas.

Pasalnya, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa Pemprov Jakarta masih akan mempelajari terkait diizinkannya sekolah tatap muka terbatas selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Meskipun sebelum penetapan PPKM Level 3, pemerintah Jakarta telah menguji coba sekolah tatap muka dan dihentikan pada Juni 2021 lantaran kasus Covid-19 melonjak.

Dilaporkan jika Wagub Riza Patria telah menegaskan bahwa pemerintah Jakarta tidak boleh gegabah dalam mengambil setiap keputusan, khususnya kebijakan sekolah tatap muka atau belajar tatap muka (PTM) terbatas, Selasa(24/8/2021).

Ia khawatir jika PTM terbatas digelar tanpa dikaji lebih mendalam menjadi klaster penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini, keberadaanya masih mengancam.

Meskipun pemerintah pusat telah menetapkan status PPKM di Ibu Kota turun dari level 4 menjadi level 3, Pemprov Jakarta tetap harus waspada dan mengantisipasi kasus penyebaran Covid-19.

PPKM Level 3 berlaku pada 24 hingga 30 Agustus 2021 dengan sejumlah pelonggaran aktivitas yang salah satunya, yaitu Jakarta dibolehkan menggelar sekolah tatap muka atau PTM terbatas.

Riza Patria mengklaim vaksinasi Covid-19 bagi guru dan anak sekolah sudah hampir selesai. Namun, ia tidak merinci data vaksinasi Covid-19 tersebut dan berharap vaksin bagi guru dan anak-anak rampung pada bulan ini.

Merespons langkah yang diambil Pemprov Jakarta, HNW melalui unggahan Twitter miliknya menyebutkan bahwa pengalaman dari banyak negara harus dijadikan pelajaran dan inspirasi.

Selain itu, ia berpendapat jika mengambil kebijakan tidak dibenarkan berdasarkan emosi karena bisa menyebabkan kegagalan. Khususnya dalam penanganan pandemi Covid-19.

Ia menegaskan bahwa pemerintah harus menerapkan kaedah keselamatan rakyat, termasuk keselamatan anak-anak karena hal tersebut merupakan hukum tertinggi.

Diakhir cuitannya, HNW menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Riza Patria.

“Sepakat. Lebih baik ber-hati2, pengalaman banyak Negara harus jadi pelajaran&inspirasi. Jangan karena emosi, capaian yg ada rontok krn Covid-19 menyebar lagi. Terapkanlah kaedah “keselamatan Rakyat(termasuk anak2) adalah hukum tertinggi”. Trims Pak @aniesbaswedan & @ArizaPatria,” kata HNW yang dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Twitter, @hnurwahid, Selasa, 24 Agustus 2021.

Diposting 25-08-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

M. Hidayat Nur Wahid

Anggota DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 2