Berita Anggota Parlemen

Wakil Ketua Komisi X DPR Minta Jaminan Hari Tua Atlet Jadi Keharusan

PRESTASI gemilang yang diraih duo pebulutangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo 2020 menjadi kado istimewa untuk masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Prestasi tersebut harus dihargai dengan berbagai cara termasuk menjamin sosial hari tua bagi atlet berprestasi. 

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian menekankan pemberian jaminan dan penghargaan untuk para atlet menjadi bagian dari kewajiban negara yang harus diatur dalam undang-undang. 

"Salah satu poin yang sangat ditekankan dalam RUU Sistem Keolahragaan Nasional adalah penghargaan serta jaminan sosial hari tua bagi atlet berprestasi. Atlet-atlet seperti Greysia/Apriyani telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Sudah sepantasnya negara menjamin kesejahteraan hari tua mereka,”ujarnya, Selasa (3/8). 

Jaminan tersebut termasuk poin yang paling rinci dalam Revisi Undang Undang Sistem Keolahragaan Nasional (RUU SKN) No 3 Tahun 2005. "Iya itu dibahas secara rinci yang penting" 

Indonesia resmi bawa pulang emas pada pertandingan bulu tangkis ganda putri dalam Olimpiade Tokyo kemarin. Greysia-Apriyani bertemu Chen-Jia pasangan dari Tiongkok yang merupakan rival mereka selama bertahun-tahun. 

Setelah berjuang dengan sengit, smash terakhir pasangan Greysia-Apriyani akhirnya berhasil memberikan kemenangan. Mereka mengalahkan pasangan Chen-Jia dengan skor akhir 21-15. Hetifah juga memupuji kerja keras berbagai pihak dalam mencetak prestasi bulu tangkis. 

“Dari era Susi Susanti, Indonesia sudah langganan memenangkan berbagai kejuaraan bulu tangkis. Tentu saja atlet berprestasi tidak dicetak secara kilat, melainkan perjuangan bertahun-tahun dengan dukungan berbagai pihak. Saya acungkan jempol untuk sinergi PB Bulu Tangkis, KONI, Kemenpora, serta CSR berbagai swasta yang mendukung prestasi atlet kita,” tukasnya.

Diposting 04-08-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Hetifah Sjaifudian

Anggota DPR-RI 2019-2024
Kalimantan Timur