Berita Anggota Parlemen

PD: Safari Anies Tak Eksplisit untuk Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendapat dukungan dari pengusaha beras asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, untuk bertarung di Pemilu Presiden 2024. Partai Demokrat menganggap hal wajar bagi Anies untuk melakukan safari ke Jawa.

"Tentu sah-sah saja bagi Anies untuk safari Jawa dengan berbagai dasar dan alasan, itulah dunia politik. Dan pasti ada saja yang mendukung dan bahkan yang tidak mendukung," ujar Ketua Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) Herman Khaeron saat dihubungi, Selasa (27/4/2021).

Herman mengatakan batas administrasi kekuasaan Anies berada di DKI Jakarta, tapi selalu ada alasan untuk berkunjung ke luar DKI. Dia menilai kunjungan tersebut tidak secara langsung ditujukan untuk Pilpres 2024.

"Anies kan tidak memiliki partai dan batas administrasi kekuasaannya DKI Jakarta, tetapi akan selalu ada dasar dan alasan berkunjung di luar wilayah kekuasaannya," kata Herman. "Mungkin bagi Anies tidak eksplisit untuk Pilpres 2024," tuturnya.

Herman juga mengatakan saat ini Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga tengah melakukan safari ke seluruh wilayah Nusantara. Ini disebut merupakan safari Ramadhan sebagai bagian dari konsolidasi organisasi dan kader Demokrat.

"Ketua umum kami juga, Mas AHY, sedang melakukan safari Ramadhan di seluruh wilayah Nusantara, yang dikunjungi adalah DPD, DPC, dan kader Partai Demokrat, serta bertemu dengan tokoh masyarakat. Bagian dari konsolidasi organisasi dan kader pascaadanya upaya kudeta dari GPKPD," tuturnya.

Diketahui, Anies Baswedan mendapat dukungan dari pengusaha beras asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Billy Haryanto, untuk bertarung di Pemilu Presiden 2024. Billy, yang juga Wakil Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jakarta, bahkan telah mendirikan posko kemenangan di kompleks pergudangan miliknya di Sragen, Jawa Tengah.

Anies diketahui berkunjung ke Sragen, Sabtu (24/4) lalu. Kedatangan orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu untuk meninjau produksi beras di salah satu pabrik beras yang selama ini mengirim pasokan ke Jakarta.

"Iya, Pak Anies sempat meninjau lokasi pabrik beras milik Pak Paryoto. Kebetulan saya mendampingi. Tadi beliau sempat melihat dan mengecek stok beras Sragen," ujar Billy Haryanto, saat dihubungi detikcom, Senin (27/4/2021).

Menariknya, di sela kunjungan itu, Billy sempat mengajak Anies menuju GOR Billy Beras di kompleks pergudangan miliknya. Di lokasi tersebut, Anies disambut dengan spanduk besar bertulisan 'Selamat datang Capres 2024'.

Spanduk tersebut terbentang di depan sebuah bangunan joglo. Sedangkan di bagian dalam joglo, terbentang spanduk lain bertulisan 'Joglo Kemenangan Anies Capres 2024'. "Itu sikap pribadi saya saja. Sah saja kan toh ini belum masa kampanye," kata Billy.

Billy terang-terangan menunjukkan dukungannya kepada Anies Baswedan karena menurutnya Anies memiliki kans besar untuk menang. Hal ini dirasa mengejutkan karena, dalam dua periode terdahulu, Billy menjadi salah satu pendukung Presiden Joko Widodo.

Diposting 28-04-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

E. Herman Khaeron

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Barat 8