Berita Anggota Parlemen

PKS Minta Jokowi Say Hello ke Arab Saudi untuk Taklimat Ibadah Haji

Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS, Bukhori Yusuf, menilai hubungan diplomasi Indonesia ke negara timur tengah khususnya Arab Saudi tidak setara dibandingkan negara lain. Bukhori meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'say hello' ke Arab Saudi untuk taklimat ibadah haji.

"Saya berharap sekali lagi kenapa rapat yang lalu saya minta Pak Jokowi 'say hello' itu adalah bahasa kami meminta, tetapi intinya adalah kami merasakan betul betapa diplomasi kita ini tidak setara dengan negara-negara Timur Tengah, khususnya Arab Saudi," kata Bukhori dalam rapat kerja Komisi VIII bersama Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Menurut Bukhori, seharusnya Arab Saudi yang lebih membutuhkan Indonesia, bukan sebaliknya. Dengan problem yang ada di Arab Saudi, Bukhori mengatakan Indonesia harus hadir menjadi solusi.

"Nah, kami mengharap pertama Arab Saudi sekarang ini jauh lebih butuh ke Indonesia, dari pada Indonesia butuh Saudi. Arab sedang mengalami berbagai macam problem, mestinya Indonesia bisa hadir untuk kemudian bisa tampil sebagai negara yang bisa jadi penengah," ujar Ketua DPP PKS ini.

Lebih lanjut, Bukhori juga berharap Indonesia untuk bekerja sama dalam menyusun taklimat ibadah haji. Bukan hanya itu, dia berharap Indonesia berkontribusi terkait hal itu.

"Sekarang jumlah jemaah haji terbesar Indonesia. Oleh karena itu, kalau perlu diusulkan dalam membangun atau menerbitkan taklimat haji itu bukan kemudian hanya sekadar memberi tahu kepada negara-negara pengguna seperti Indonesia. Tetapi kita kontribusi untuk mendesain bagaimana taklimat haji itu juga bisa sesuai dengan kemampuan atau situasi di negara masing-masing. Sehingga itu secara perlahan penyelenggaraan haji nanti bisa menjadi bagian kontribusi masyarakat muslim seluruh dunia bukan hanya dimiliki Saudi secara mutlak," tuturnya.

Menjawab Bukhori, Menag Yaqut Cholil Qoumas meyakini Presiden Jokowi sudah membangun diplomasi dengan Arab Saudi. Tanpa diarahkan pun, kata Menag Yaqut, Jokowi sudah menjalani apa yang diucapkan Bukhori.

"Say hello-nya Pak Presiden ke kerajaan Saudi Arabia saya kira itu sudah dilakukan dan saya tahu itu sudah dilakukan. Saya tahu dengan telinga saya Pak, saya tahu itu sudah dilakukan. Tetapi itu bukan karena rekomendasi Pak Bukhori ya, beliau secara sadar melakukan gitu. Jadi insyaallah sudah dilakukan," ujarnya.

Diposting 09-04-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Bukhori

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Tengah 1