Berita Anggota Parlemen

Balkot 'Diserbu' Karangan Bunga, PAN Minta PPDB DKI Jalur Zonasi Diulang

Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta menilai karangan bunga yang dikirimkan orang tua murid ke Balai Kota DKI Jakarta adalah ungkapan kesedihan karena anaknya tidak diterima di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PAN meminta agar PPDB DKI tahun 2020 diulang.

"Kami bersimpati dan turut merasakan kesedihan para orang tua yang anaknya gagal masuk sekolah negeri yang diekspresikan dengan kiriman karangan bunga ke Balai Kota DKI," ujar Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta, Oman Rahman Rakinda saat dihubungi, Senin (6/7/2020).

Oman mengatakan PAN akan terus bersama orang tua murid. PAN juga akan untuk menagih janji Dinas Pendidikan DKI untuk memberikan solusi bagi siswa yang kurang mampu.

"Fraksi PAN akan terus mendampingi perjuangan para orang tua murid termasuk untuk menagih janji Dinas Pendidikan memberikan solusi administrasi dan non administrasi bagi anak anak dari keluarga yang kurang mampu," katanya.

Lebih lanjut, Oman mengatakan PPDB DKI jalur zonasi harusnya diulang. Dia juga mempersoalkan kriteria dalam jalur zonasi itu. "Fraksi PAN melihat proses PPDB jalur zonasi harus diulang, karena faktor kedekatan wilayah kelurahan dan himpitan kelurahan ternyata masih dikalahkan oleh faktor usia," jelasnya.

Oman kemudian mengapresiasi perjuangan orang tua murid untuk menyuarakan keluhannya. Dia berharap anak-anak yang belum diterima segera mendapatkan solusi dari Pemprov DKI.

"Fraksi PAN mengucapkan terimakasih atas perjuangan para wali murid. Semua anak yang gagal masuk sekolah negeri adalah anak-anak kami, anak Jakarta yang berhak menggapai cita-citanya bersekolah di sekolah yang diimpikannya," jelas dia.

"Jangan menyesal atas perjuangan meraih prestasi akademik yang telah dilakukan oleh anak dan orang tua. Kalau hidup ini diibaratkan sebagai pohon Pohon perjuangan, tidak akan pernah berbuah kesia-siaan. Teruslah berjuang, Tuhan, Allah menguji untuk meningkatkan derajat kita dan derajat kesuksesan anak-anak kita," imbuhnya.

Diketahui gelombang protes orang tua siswa terkait PPDB DKI Jakarta terus terjadi. Pada Senin (6/7) pagi sejumlah karangan bunga bernada kekecewaan berdatangan di Balai Kota DKI Jakarta. Karangan bunga itu dikirimkan oleh para orang tua yang kecewa dengan proses PPDB DKI 2020.

Pantauan detikcom, karangan bunga itu tiba di depan kantor Anies Baswedan sekitar pukul 09.40 WIB diantar menggunakan pikap berwarna hitam. Total, ada 8 karangan bunga yang sudah dijejerkan di depan Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan.

Delapan karangan bunga itu ditempatkan di dua sisi. Empat di sisi kiri dan empat lagi di sisi kanan pintu masuk Balai Kota.

Diposting 07-07-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Oman Rohman Rakinda

Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2019-2024