Berita Anggota Parlemen

Fraksi Demokrat Kirim Perwakilan dalam Panja Pembahasan RUU Cipta Kerja

sumber berita , 20-04-2020

Fraksi Partai Demokrat di DPR tetap mengirimkan perwakilan dalam Panitia Kerja (Panja) pembahasan  omnibus law RUU Cipta Kerja. 

Padahal dalam rapat kerja antara Badan Legislasi ( Baleg) dan pemerintah, Fraksi Demokrat sempat mengusulkan agar pembahasan RUU Cipta Kerja ditunda selama pandemi Covid-19. 

Meski demikian, anggota Baleg Fraksi Demokrat Benny K Harman mengatakan, fraksinya akan tetap konsisten menyuarakan penolakan pembahasan RUU Cipta Kerja di tengah wabah. 

"Kami tetap menolak pembahasan dilakukan di tengah rakyat lagi berperang melawan corona," kata Benny saat dihubungi, Senin (20/4/2020). 

Menurut Benny, penanganan Covid-19 membutuhkan keseriusan pemerintah. Benny berharap Presiden Joko Widodo tidak mengirimkan para menteri untuk membahas RUU Cipta Kerja. 

"Juga kami minta Presiden Jokowi jangan kirim wakilnya untuk membahas RUU ini," ucapnya. 

"Agar presiden dan jajarannya lebih fokus perhatikan rakyat yang lagi susah dan menderita akibat Covid-19," imbuh Benny. 

Sementara itu, ia mengatakan saat ini Fraksi Demokrat tengah mempelajari draf RUU Cipta Kerja dengan saksama. 

Draf RUU Cipta Kerja baru diserahkan ke Fraksi Demokrat usai rapat kerja Baleg dengan pemerintah pekan lalu.

"Kami baru diberi naskahnya dan kami tengah pelajari secara serius RUU ini," kata dia. Badan Legislasi ( Baleg) DPR sebelumnya telah menetapkan nama anggota Panja RUU Cipta Kerja. 

Berdasarkan dokumen daftar nama anggota Panja RUU Cipta Kerja, PKS menjadi satu-satunya fraksi yang tidak melibatkan anggotanya dalam pembahasan. 

Delapan fraksi lainnya, PDI-P, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, dan PPP mencatatkan nama anggota untuk terlibat dalam Panja RUU Cipta Kerja. Wakil Ketua Baleg Willy Aditya mengonfirmasi bahwa Fraksi PKS tidak menyerahkan nama anggotanya. 

"(Fraksi PKS) tidak terlibat," kata Willy, Senin. Panja RUU Cipta Kerja dipimpin anggota Fraksi Gerindra Supratman Andi Agtas. Sedangkan, anggota Fraksi Demokrat yang terlibat dalam panja yaitu Bambang Purwanto, Hinca Pandjaitan, dan Benny K Harman.

Diposting 21-04-2020.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Mereka dalam berita ini...

Hinca IP Pandjaitan XIII

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sumatera Utara 3

Bambang Purwanto

Anggota DPR-RI 2019-2024
Kalimantan Tengah

Supratman

Anggota DPR-RI 2019-2024
Sulawesi Tengah

Benny Kabur Harman

Anggota DPR-RI 2019-2024
Nusa Tenggara Timur 1

Willy Aditya

Anggota DPR-RI 2019-2024
Jawa Timur 11