Komentari

Berita Anggota Parlemen

Bersih, Pengamat: Ridwan Hisjam Masuk Radar Jadi Ketua DPR

RUU terkait:

Isu: Ketua DPR RI

Teropong Senayan, 29-12-2017

Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai Ridwan Hisjam masuk kriteria menjadi Ketua DPR mengantikan posisi Setya Novanto. Hendri mengatakan politisi senior Partai Golkar masuk kategori bersih.

Kategori kader bersih, menurut Hendri, Ketua Umum DPP Partai Golkar harus memilih orang yang bersih dari kasus korupsi untuk menduduki Ketua DPR. Hal ini kata ia sejalan dengan tagline Golkar Bersih.

"Harus mencerminkan semangat Golkar yang katanya menuju Golkar bersih," kata Hendri pada TeropongSenayan, Kamis (28/12/2017).

Menurutnya sosok ini ada pada Ridwan Hisjam yang dinilai bersih dalam kasus korupsi. "Masuk (Ridwan Hisjam jadi Ketua DPR)," katanya.

Tak hanya itu, kata ia, minimal sudah dua periode duduk di DPR. "Sudah minimal dua (2) periode jadi anggota DPR," katanya.

Jika menurut penilaian Hendri, maka Ridwan Hisjam memang memenuhi kriteria tersebut. Sebab Ridwan tak hanya memiliki kiprah sebagai anggota DPR namun juga pernah menjadi Ketua DPRD Jatim maupun Ketua DPD Partai Golkar Jatim. Bahkan membawa Golkar Jatim menjadi pemenang Pemilu.

Saat ini, dalam internal Golkar, selain Ridwan Hisjam ada beberapa nama yang masuk sebagai calon Ketua DPR di antaranya Aziz Syamsudin, Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang Kartasasmita dan Zainudin Amali.

Diposting 23-02-2018.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Kamu mencari peraturan ?
157 ribu ++ peraturan
Temukan dalam 1 detik!

Mereka dalam berita ini...

M. Azis Syamsuddin

DPR-RI 2014
Lampung II

Agus Gumiwang Kartasasmita

DPR-RI 2014
Jawa Barat II

M. Ridwan Hisjam

DPR-RI 2014
Jawa Timur V

Zainuddin Amali

DPR-RI 2014
Jawa Timur XI

Setya Novanto

DPR-RI 2014
Nusa Tenggara Timur II