Berita Anggota Parlemen

Anggota DPR: Aplikasi PeduliLindungi Seharusnya Terkoneksi dengan Satgas Covid-19 atau Puskesmas

sumber berita , 14-09-2021

Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati menyarankan agar aplikasi PeduliLindungi terhubung ke Satgas Covid-19 atau Puskesmas. 

Sehingga, ketika ada orang yang masuk kategori hitam akan keluar rumah, Satgas dan Puskesmas langsung diberi peringatan untuk memperingatkan orang tersebut. 

"Harus terhubung dan ada peringatan. 

Misal akan keluar rumah untuk ke fasilitas kesehatan, Satgas Covid-19 atau Puskesmas bisa menyediakan ambulans dan kebutuhan lain," kata Kurniasih dalam keterangan tertulis, Selasa (14/9/2021). 

"Tapi jika keluar bukan untuk kebutuhan kesehatan, maka Satgas Covid-19 setempat bisa memperingatkan langsung," ujar dia. 

Ia mengatakan, adanya temuan 3.830 orang positif Covid-19 yang masih pergi ke tempat-tempat publik yang terdeteksi melalui aplikasi tersebut, perlu mendapat perhatian serius. 

Sebab, meski saat ini kasus penularan Covid-19 di Indonesia melandai, varian yang menyebar di Indonesia saat ini adalah varian Delta yang tingkat penularannya sangat cepat. 

"Jadi soal data terdeteksi positif dan bisa jalan-jalan ini hal serius. 

Apalagi terdeteksi mereka memang sengaja ingin memasuki fasilitas publik yang disana ramai orang dan memungkinkan terjadi tingkat penularan yang tinggi," kata Kurniasih. 

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, aplikasi PeduliLindungi mendeteksi ada 3.830 orang positif Covid-19 yang masih beraktivitas di tempat-tempat umum. 

"Kita bisa lihat, surprisingly tetap saja ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. 

Hitam itu artinya positif Covid, tapi masih jalan-jalan," kata Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021). 

Budi menguraikan, 3.830 orang itu antara lain terdiri dari 3.000 orang positif Covid-19 terdeteksi masih beraktivitas di mal atau tenant mal. 

Selanjutnya, ada 43 orang positif Covid-19 yang ke bandar udara, 63 orang positif Covid-19 menaiki kereta api, dan 55 orang positif Covid-19 yang masuk ke restoran. 

"Padahal, orang-orang ini adalah orang-orang yang sudah teridentifikasi positif Covid yang harusnya stay di di rumah atau diisolasi terpusat di karantina," ujar Budi.

Diposting 15-09-2021.

Maaf. Hanya User Konstituen yang bisa memberikan komentar.

Dia dalam berita ini...

Kurniasih Mufidayati

Anggota DPR-RI 2019-2024
DKI Jakarta 2